Selasa, 24 Januari 2012

ISBD (Ilmu Sosial Budaya Dasar)

  • ILmu Sosial dan Ilmu Budaya Dasar bukanlah suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri, melainkan hanyalah suatu pengetahuan yang mengenai aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang berbudaya, dan masalah-masalah yang terwujud daripadanya.
  •  Fungsi dari ISBD itu sendiri yaitu  untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kebudayaan agar daya tanggap, persepsi, dan dalam menghadapi lingkungan sosial budaya dapat ditingkatkan sehingga dapat menimbulkan kepekaan pada lingkungannya menjadi lebih besar.
  • ISBD Sebagai Program Pendidikan Umum
         Untuk menjadi seorang Sarjana atau tenaga ahli yang dihasilkan dari perguruan tinggi memiliki  3 jenis kemampuan yang meliputi :
  1.  Kemampuan Personal, yaitu dimana untuk menjadi seorang para tenaga ahli diharapkan harus memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribadian baik dan bermoral. Serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat.
  2. Kemampuan Akademik, yaitu kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah baik lisan maupun tulisan, menguasai peralatan analisis,maupun berpikir logis,kritis,sistematis,analitis, memiliki kemampuan konsepsional untuk mrngidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi,serta menawarkan alternatif pemecahan.
  3. Kemampuan professional, yaitu kemampuan dengan pengetahuannya, maka dia memiliki keterampilan dibidangnya.
ISBD juga sebagai integrasi dari ISD dan IBD yaitu untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial dan konsep-konsep budaya. Yang berarti manusia bersifat HOMOHUMANUS (manusia,berbudaya, dan halus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar